Jumat, 02 Oktober 2015

Makanan unik asli tuban

Ampo – Makanan Unik Asli Tuban

 

Pernahkah anda memakan tanah liat? Terdengar gila dan aneh bukan? Eits, jangan salah, ternyata makanan yang berbahan dasar tanah liat ada lho. Dan hebatnya lagi makanan tersebut adanya di Indonesia. Masih belum percaya? Yuk kita berkenalan dengan Ampo : Makanan unik asli dari Indonesia.
Ampo - Makanan Unik Asli Indonesia
Nama jajanan Ampo mungkin masih terdengar asing bagi anda. Namun tidak untuk masyarakat Tuban, Jawa Timur. Ampo merupakan makan unik dan asli dari Indonesia. Dikatakan unik karena bahan dasarnya terdiri dari tanah liat. Ampo sendiri sudah dikenal oleh masyarakat Pulau Jawa terutama masyarakat daerah Tuban, Jawa Timur.
Menariknya lagi, ampo memiliki bentuk sekilas menyerupai cokelat panjang. Terlihat sangat menggoda memang. Apalagi jika anda belum mengetahui bahan dasar ampo, mungkin anda akan langsung melahapnya. Makanan unik ini terbuat 100 persen dari tanah liat. Kebiasaan mengkonsumsi ampo bagi masyarakat Tuban memang sudah sangat lumrah. Bagi masyarakat Tuban, ampo dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Masyarakat Tuban percaya bahwa tanah liat dapat menguatkan sistem pencernaan dan mengobati beberapa macam penyakit. Masyarakat Tuban sendiri biasa mengkonsumsi ampo ini sebagai makanan ringan atau camilan sehari-hari dan sangat digemari terutama oleh kalangan wanita yang sedang hamil.
Proses Pembuatan Ampo:
Cara membuat ampo pun terbilang cukup sederhana. Meskipun berbahan dasar tanah liat, namun tanah liat yang digunakan bukan sembarang tanah liat. Tanah liat yang digunakan untuk membuat ampo haruslah bersih, bertekstur lembut dan bebas dari pasir, batu serta kerikil. Tanah liat yang sudah dikumpulkan akan dicampur dengan air. Hanya air saja campurannya, tidak ada bahan lain. Sangat sederhana memang. Tanah liat yang sudah dicampur air akan diaduk menjadi adonan hingga kalis dan tidak lengket. Stelah itu adonan akan ditumbuk dengan menggunakan sejenis palu besar besar yang terbuat dari kayu. Adonan ditumbuk hingga berbentuk kotak padat. Setelah itu adonan dibentuk dengan cara menyerut atau mengikis bagian atas adonan sedikit demi sedikit. Tahap terakhir yaitu mengumpulkan adonan tanah liat untuk diasapi diatas tungku kayu bakar, Proses pengasapan ini kurang lebih memakan waktu sekitar empat jam.
Harga:
Harga ampo sendiri cukup murah. Basanya ampo dijual seharga sekitar 150 rupiah per bungkus. Untuk dapat menikmati ampo, anda bisa mencarinya di pasar tradisonal ataupun memesannya langsung dari sang pembuat ampo.
Selain di Tuban, anda juga bisa menemukan jajana ampo di daerah Brebes dan sebagian wilayah di Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar