Sabtu, 26 September 2015

Tips meningkatkan kesabaran

Tips Meningkatkan Kesabaran

Bismillahirrahmanirahhim...
Kata pepatah bilang “sabar itu ada batasnya”. Itulah pepatah yang sering muncul dari orang-orang yang sedikit bisa menahan amarahnya ketika ada yang menggangunya. Namun dalam pepatah tersebut mengatakan “ada batasnya” yang artinya bahwa orang tersebut bisa saja meledak-ledak emosinya ketika dia sudah berkali-kali menahan amarahnya kepada orang lain. Nah, ini yang bisa saja menjadi boomerang atau bahaya bagi diri kita apabila sudah bertindak yang melampaui batas dan mungkin bisa melukai, menyakiti, atau bahkan membunuh orang lain. Nauzubillah mindzalik..
Karena bahwasanya Allah telah memberikan kesabaran yang tidak ada batasanya karena ciri orang beriman adalah ikhlas dan sabar dalam menghadapi cobaan dari Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu Allah akan menggantikan surga baginya. Seperti hadits berikut : “Dari Anas bin Malik ra berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya Allah berfirman: Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.” (HR Bukhari).
Langsung saja tanpa panjang lebar ni ada beberapa tips cara untuk meningkatkan kesabaran yaitu:

1. Ikhlaskan niat Anda hanya kepada Allah SWT. Bahwa kita hanya berlindung dan meminta pertolongan darinya.
2. Perbanyaklah membaca Al-Qur’an atau tilawah. Anda juga bisa mengikuti pengajian rutin di lingkungan Anda.
3. Perbanyaklah puasa sunnah. Puasa bisa disebut satu-satunya ibadah yang khusus melatih kesabaran.
4. Tulis prioritas Anda atau tujuan hidup Anda. Setiap kali kesabaran Anda diuji, ingatlah tujuan tersebut. Ini dapat membantu Anda untuk beramal secara sempurna.
5. Biasakanlah lisan dan hati Anda mengucap dzikir. Ini akan membantu Anda untuk dapat bersabar saat menghadapi musibah.
6. Hiasi tubuh Anda dengan wudhu. Saat emosi meledak, ini akan mengingatkan Anda bahwa Anda dalam keadaan bersuci sehingga Anda mampu mengontrol diri.
7. Berpikir positif. Ketika Anda menyikapi suatu masalah dengan berprasangka baik, husnudzon, positive thinking terhadap segala sesuatu yang ditakdirkan Allah, kebaikanlah yang akan Anda dapatkan.
8. Jangan tergesa-gesa menghakimi atau memutuskan sesuatu.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar